Atasi Kendala di Mars, Robot Canggih Perseverance Milik NASA Mendarat Mulus

3
225

Update.com| Meski awalnya tim Perseverance NASA mengkuatirkan berbagai kendala pendaratan, akhrinya pupus usai berhasil mendaratkan rover robotika tercanggih mereka di Mars. Tim Perseverance NASA terlihat sangat gembira setelah mendapat konfirmasi bahwa pesawat luar angkasa tersebut berhasil mendarat dengan baik.

Robot yang dinamai Perseverance ini berhasil melalui masa krisis selama 7 menit yang menentukan rover ini akan sukses mendarat atau tidak. Perseverance pun sudah mengirimkan gambar pertamanya di Mars.

Rover Perseverance Butuh waktu 203 hari untuk menempuh 293 juta mil (472 juta km) bagi Perseverance hingga akhirnya sampai ke Mars. Keberhasilan ini tentu disambut sorak-sorai oleh tim NASA. Administrator NASA Steve Jurczyk pun tak bisa menyembunyikan kebahagiaannya.

“Misi ini sendiri sudah luar biasa. Sains, teknologi, dan pengambilan sampel kembali ke Bumi, tetapi ini juga bagian dari rencana eksplorasi kami yang lebih besar, yang melibatkan pemahaman dan evolusi Mars serta apakah ada kehidupan, kehidupan purba (di sana),” kata Steve Jurczyk.

Sukses daratkan  Perseverance disebut jadi satu langkah maju untuk mencapai misi besar NASA, yakni mendaratkan manusia di Mars. Steve pun menyebut pencapaian ini bisa membuatnya kembali tidur nyenyak.

“Jadi ini adalah satu langkah dalam perjalanan kita untuk mencapai tujuan itu. Dan ini adalah langkah besar. Dan kami telah memulainya, mengambil langkah pertama dan memulai perjalanan itu. Anda tahu, sekali lagi, hanya saja saya kagum bahwa semuanya berjalan sesuai rencana. Dan ketika saya mendengar sinyal touchdown muncul kembali dan melihat gambar pertama, saya tidak dapat memberi tahu Anda betapa saya sangat terharu. Saya tidak bisa tidur semalam. Jadi saya pikir, saya akan tidur nyenyak malam ini. Jadi sekali lagi, hari yang menakjubkan,” begitu ditulis oleh  Administrator NASA.

Bukan hanya tim NASA yang tegang. Dikabarkab bahwa Presiden Joe Biden ikut menyaksikan detik-detik pendaratan rover Perseverance milik NASA di Planet Mars. Tak ketinggalan, Presiden Prancis Emmanuel Macron mengacungkan jempol saat menonton pendaratan rover Perseverance milik NASA di Pusat Studi Luar Angkasa Nasional Prancis (CNES) di Paris  (iu)

3 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini