Internet Cepat Bakal Jadi Kenyataan Usai Satelit Starlink Diluncurkan

3
128

Update.com| Pada Minggu (14/03/2021) kemarin, Roket SpaceX Falcon 9 berhasil diluncurkan dari Kennedy Space Center, Florida, AS, pada Minggu (14/3) pagi. Falcon 9 mengirimkan 60 satelit Starlink ke orbit untuk menyediakan akses internet lebih luas.

Dalam penjelasan SpaceX lewat Twitter mereka mengatakan,  Falcon 9 lepas landas sekitar pukul 06.00 pagi waktu setempat. Ini adalah booster tahap pertama yang mendukung misi menyelesaikan delapan penerbangan sebelum peluncuran ini. Tahap pertama Falcon 9 telah mendarat di pesawat tak berawak Of Course I Still Love You, menyelesaikan penerbangan.

Dikabarkan bahwa Falcon 9 merupakan  roket dua tahap yang tingginya 70 meter dan dibanggakan SpaceX sebagai roket kelas orbital pertama yang mampu memantulkan cahaya. Sebanyak 60 satelit Starlink dikerahkan sekitar satu jam setelah roket diluncurkan.

Ini merupakan  proyek internet berbasis satelit yang punya misi ambisius menyelimuti planet ini dengan internet broadband berkecepatan tinggi. Cara ini sering disebut-sebut sebagai solusi untuk menghadirkan konektivitas ke miliaran orang yang masih kekurangan akses internet yang bisa diandalkan.

Disampaikan bahwa sekumpulan satelit yang beroperasi di orbit rendah Bumi yang tugasnya memberikan jangkauan koneksi internet berkelanjutan. Sekitar 1.000 satelit Starlink telah digunakan saat ini , dan SpaceX berencana mengembangkan Starlink untuk meluncurkan lebih dari 40 ribu satelit ke orbit rendah Bumi.

Angka ini lima kali lipat dari jumlah total satelit yang diluncurkan manusia sejak kemunculan penerbangan luar angkasa. SpaceX sekarang memiliki sekitar sepertiga dari semua satelit aktif di luar angkasa. Elon Musk selaku CEO SpaceX pun menjadi pemilik satelit terbanyak di antariksa. (iu)

3 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini