Tinjau Vaksinasi Covid-19 di Kota Bogor, Ridawan Kamil Dampingi Jokowi

0
145

Update.com| Saat Presiden Joko Widodo (Jokowi)meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dalam kunjungan kerjanya di Kota Bogor hari ini Jumat (19/03/2021), Tampak Gubernur Jawa Barat hadir mendamping Presiden.

Pada kesempatan tersebut Gubernur Ridwan Kamil yang  juga akrab disapa Kang Emil menyampaikan, Presiden RI memberi arahan untuk meningkatkan kapasitas tempat pelayanan vaksinasi, salah satunya memanfaatkan gedung-gedung besar.

“Pak Jokowi mengarahkan kami untuk meningkatkan kapasitas (tempat pelayanan vaksinasi). Kami juga sudah menghitung, jika mengandalkan Puskesmas, tidak akan cukup dan bisa beres dalam waktu lama .Makanya gedung-gedung, seperti gedung olahraga didorong untuk digunakan sebagai tempat vaksinasi massal,” kata Kang Emil.

Lebih lanjut ia menyebutkan  bahwa  pihaknya berkomitmen untuk mempercepat vaksinasi tahap II dengan sasaran warga lanjut usia (lansia) dan petugas publik. Vaksinasi tahap II pun ditargetkan selesai pada akhir Juni 2021.

Masih menurut kang Emil, jumlah sasaran vaksinasi tahap II di Jabar sekitar 6,6 juta orang. Rinciannya, 4.403.984 lansia dan 2.195.215 petugas publik. Khusus untuk Jabar. Karena kasus banyak di Jabodetabek, maka ia diminta menguatkan (vaksinasi) di Bogor, Depok, dan Bekasi.

Kang Emil juga mengatakan bahwa vaksinasi akan tetap berlangsung saat bulan Ramadhan dengan sejumlah penyesuaian, seperti memperhatikan kondisi fisik masyarakat yang menjalani ibadah puasa.

“Yang penting, vaksinasi jangan berhenti karena vaksinnya ada masa kedaluwarsa,” tutur mantan wali Kota Bandung itu.

Diketahui saat ini, Majelis Ulama Indonesia (MUI) pun sudah mengeluarkan fatwa bahwa vaksinasi dengan injeksi intramuscular atau suntikan pada otot tidak membatalkan puasa dan hukumnya boleh dilakukan sepanjang tidak menyebabkan bahaya.  (iu)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini