Korea Utara Bikin Negara Tetangga Ketar-Ketir Usai Luncurkan Dua Rudal Balistik

14
214

Update.com|  Dikabarkan bahwa pasukan rezim diktator Kim Jong-un menembakkan sebuah rudal balistik Korea Utara (Korut) ke Laut Jepang pada Kamis (25/03/2021) kemarin. Ini merupakan uji tembak kedua rudal balistik Korea Utara setelah hari Minggu lalu.

Untuk mencegah dampak dari peluncuran rudal Korea utara itu, pihak Coast Guard Jepang mendesak kapal-kapal agar tidak mendekati objek yang jatuh di Laut Jepang serta meminta informasi tentang misil tersebut.

Menyikapi hal itu, Amerika Serikat (AS) menyatakan bahwa peluncuran rudal Korea Utara (Korut) menunjukkan ancaman program senjata Pyongyang bagi negara tetangga. Ini adalah respon atas peluncuran rudal kedua yang dilakukan Korut dalam beberapa hari terakhir ini.

Pyongyang  melakukan uji tembak dua rudal balistik ke Laut Jepang, yang memicu kekhawatiran di Korea Selatan (Korsel) dan Jepang akan keamanan  wilayah kedua negara tetangga Korea utara itu.

Mike Kafka, juru bicara Komando Indo-Pasifik AS menyatakan bahwa pihaknya sudah  mengetahui peluncuran rudal Korut ke Laut Jepang. Masih menurut Mike, AS  akan terus memantau situasi dan berkonsultasi eterus dengan sekutu dan mitra mereka yang merupakan tentangga Korut.

“Kegiatan ini menyoroti ancaman yang ditimbulkan oleh program senjata terlarang Korut terhadap tetangganya dan komunitas internasional,”kata Mike.

Dilansir Sputnik pada Kamis (25/03/2021) kemarin ,  Kafka menegaskan kembali komitmen AS untuk menjamin keamanan Korsel dan Jepang. Dari laporan  Washington menyebutkan setidaknya dua rudal jelajah ditembakkan oleh militer Korut, namun masih belum jelas apakah itu jarak pendek, menengah, atau jarak jauh.

Jepang dilaporkan mengadakan pertemuan luar biasa oleh  Dewan Keamanan Nasional, menyusul adanya  laporan peluncuran rudal terbaru  yang dilakukan  pihak Korut.  Sementara itu, Militer Seoul mengonfirmasi bahwa ada dua rudal balistik jarak pendek Korea Utara (Korut) ditembakkan pasukan rezim Kim Jong-un pada  (25/93/2021) kemarin.

Pasukan Korea Selatan (Korsel) dan Amerika Serikat (AS) dalam situasi siaga penuh  dan terus memantau keadaan.

Menurut penjelasan Kepala Staf Gabungan Korea Selatan mengatakan dua rudal balistik jarak pendek ditembakkan sekitar pukul 07.06 dan 07.25 dari daerah di pantai timur Korea Utara dan terbang 450 kilometer (279 mil) pada puncak 60 kilometer (37mil) sebelum mendarat di Laut Jepang. (iu)

14 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini