Dukung Petani, Presiden Jokowi Pastikan Indonesia Tak Impor Beras Hingga Juni Ini

11
194

Update.com| Terkait isu impor beras yang mengemuka selama ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) tegaskan Indonesia tidak akan impor beras sampai Juni 2021. Pernyataan Jokowi ini sekaligus  meredam polemik rencana impor beras 1 juta ton yang mengemuka.

Dari penjelasan yang disampaikan oleh Budi Waseso atau yang akrab disapa Buwas,Direktur Utama Bulog  mengatakan bahwa setelah Juni akan dilakukan evaluasi terkait beras yang berhasil diserap oleh Bulog.

“Bulan Juni itu akan dievaluasi bagaimana penyiapan kita termasuk stok beras yang ada secara nasional di masyarakat, di petani, di rumah tangga seperti apa,” kata Buwas melalui sebuah konferensi pers virtual, hari ini, Senin (29/03/2021).

Masih menurut Buwas, jika setelah Juni tidak ada panen lagi dan hasil serapan oleh Bulog tidak mencukupi maka harus dicarikan solusi lain, salah satunya adalah impor beras. Jika tidak ada panen pada bulan-bulan berikutnya, maka maka harus ada solusi jalan kedua yaitu impor.

“Perlu prediksi nanti Juli, Agustus, September, Oktober, November, Desember prediksinya tidak ada panen, umpama, maka harus ada solusi jalan kedua. Nah, kita perlu impor atau tidak nih karena kurang,” ujar Buwas.

Buwas juga menyebutkan pihaknya perlu menentukan berdasarkan pedoman pada data BPS dengan Menteri Pertanian, sehinga hal itu real dan tak perlu berandai-andai.

“Nanti ternyata Agustus-September itu ada panen maka saya kira jumlahnya besar juga. Ya kita lihat, kita kan tidak boleh berandai-anda ya tapi kepastian, maka data itu yang menentukan. Oleh sebab itu kita berpedoman pada data BPS dengan Menteri Pertanian,” papar Buwas.

Masih menurut Buwas, Bulog  menargetkan bisa menyerap 1,4 juta ton beras dari produksi dalam negeri di tahun ini.

Jika tambah dengan stok yang lalu sebanyak 800 ribu ton, maka stok akhir bisa mencapai 2,2 juta ton untuk tahun ini. Paling tidak dipredikdi sampai bulan Juni nanti sudah bisa mencapai 1,4 juta ton stok yang ada di Bulog.

Diketahui  sebelumnya, Jokowi memastikan sampai Juni 2021 tidak ada impor beras ke Indonesia. Hal itu untuk menjawab kegaduhan yang belakangan terjadi karena rencana tersebut.

“Saya pastikan bahwa sampai bulan Juni 2021 tidak ada beras impor yang masuk ke negara kita Indonesia,” kata  Jokowi di Istana Merdeka, dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden Jumat (26/03/2021) lalu. (iu)

11 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini