Hadapi Virus Corona, Antibodi Dapat Bertahan Kurang Lebih 9 bulan setelah Terinfeksi

13
213

Update.com| Para peneliti dari  Peking Union Medical College di Beijing menyebutkan bahwa Antibodi diproduksi sistem kekebalan untuk melawan Corona dapat bertahan kurang lebih sembilan bulan setelah infeksi Covid-19.

Meskipun demikian kata mereka, tidak semua orang membuatnya dalam jumlah yang dapat dideteksi. Kekebalan terhadap covid-19 terbagi menjadi dua, yakni kekebalan berbasis antibodi berbentuk IgG, igA, dan IgM. Diisi, sel limfosit B memori yang bisa produksi antibody saat dibutuhkan.

Disebutkan juga bahwa  kadar antibody penetralisir covid-19 cenderung lebih rendah pada orang tidak bergejala dibandingkan yang bergejala. Namun, kadar antibodinya tetap stabil terdeteksi hingga 9 bulan setelah terinfeksi.

Dari laporan yang disampaikan oleh Nature.com menyebutkan Chen Wang dari Peking Union Medical College di Beijing dan rekan-rekannya mengambil sampel darah dari lebih dari 9.500 orang di sekitar 3.500 rumah tangga yang dipilih secara acak di Wuhan , China, tempat pertama yang diketahui secara luas terkena Covid-19.

Tim mengambil sampel pada tiga waktu terpisah selama tahun 2020. Yaitu, sekali pada bulan April, setelah penguncian kota dicabut; sekali di bulan Juni; dan lagi antara Oktober dan Desember. Tim menguji sampel antibodi terhadap Covid-19, yang mengindikasikan bahwa seseorang telah terinfeksi virus.

Para peneliti menemukan hanya 7% dari populasi yang telah terinfeksi virus, lebih dari 80% di antaranya tidak memiliki gejala. Sekitar 40% dari orang yang terinfeksi menghasilkan antibodi penawar yang dapat dideteksi selama masa penelitian.

Kesimpulan yang disampaikan para peneliti itu menyebutkan bahwa  kebanyakan orang di Wuhan masih rentan terhadap infeksi Covid-19, dan kampanye vaksinasi massal diperlukan untuk mencapai kekebalan kelompok, guna menghindari penularan. (iu)

13 KOMENTAR

  1. Bangkitkan Ekonomi Indonesia dengan sesegera mungkin dengan mengusir Pandemi Covid-19 via Vaksin.. Semangat. 💪🙏👍

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini