Wilayah NTT Diterjang Bencana, Walhi Sebut Banyak Korban Jiwa

14
242

Update.com| Bencana alam yang disebabkan oleh hujan deras disertai petir dan angin kencang, melanda sebagian besar wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT). dilihat dari jumlah korban jiwa, paling tinggi berada di tiga wilayah, yakni Adonara, Flotim dan Lembata.

Dari penjelasan yang disampaikan oleh Umbu Wulang Tanaamahu Paranggi,  Direktur Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) NTT mengatakan, ketiga wilayah itu paling parah terkena banjir bandang dan longsor berdasarkan jumlah korban jiwanya.

“Daerah Adonara, Flotim dan Lembata yang terparah dari segi korban jiwa. Sedangkan untuk luasan dampak itu Malaka dan Sumba Timur, karena meliputi banyak kecamatan,” kata Umbu Wulang hari ini, Senin (05/4/02021).

Masih menurut penjelasan Umbu Wulang, penyebab parahnya ketiga kawasan itu dikarenakan tingkat kepadatannya yang melebihi wilayah lain di NTT. Ditambah, terjadinya kerusakan lingkungan yang ada di wilayah hulu.

“Penyebabnya karena padat penduduk dan di kawasan dekat sungai, serta adanya kerusakan lingkungan di wilayah hulu sungai,” tutur Umbu Wulang.

Dari data yang terhimpun oleh Walhi, di Flores Timur atau Flotim, korban jiwa mencapai 29 orang. Sedang sebanyak 42 orang lainnya masih hilang terbawa derasnya banjir. Sementara 9 orang lainnya terluka.

Dikabarkan wilayah Lombelen, Lembata, Manggarai Barat, jumlah korban tewas sementara tercatat ada sekitar 21 orang. Sedangkan 65 orang lainnya dikabarkan masih hilang terbawa derasnya banjir. Sementara 2 orang lainnya terluka.

Umbu Wulang juga menyampaikan, masih banyak daerah yang lakukan  evakuasi mandiri. Kalau kerugian material, digabung dengan kerusakan infrastruktur seperti bendungan dan jembatan, serta fasilitas publik lainnya, maka akan sampai triliun rupiah.

Dampak lain akibat cuaca ekstrem yang terjadi NTT) beberapa hari terakhir  juga membuat ribuan gardu listrik milik PLN mati. Alhasil, mengakibatkan situasi wilayah yang terdampak semakin memprihatinkan.

Dari penjelasan Agustinus Jatmiko,  General Manager PLN Unit Induk Wilayah NTT mengatakan, PLN telah bergerak cepat menghidupkan kembali listrik yang padam akibat terdampak cuaca ekstrem. Saat ini, petugas masih melakukan perbaikan. (iu)

14 KOMENTAR

  1. Buat orang2 Tercinta diNTT…. Tetap tenang dan jaga diri…YESUS KRISTUS slalu memberkati..semoga semuanya kembali membaik dan tidak ada lagi bencana seperti ini….
    hati-hati Yg bepergian dan yg dihati jangan pergi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini