Hindari Bahaya Asteroid Yang Ancam Bumi, NASA Bakal Tabrak Pakai Pesawat Ruang Angkasa

19
235

Update.com| Untuk menghalau asteroid yang mengancam Bumi dikabarkan Badan antariksa Amerika Serikat (NASA) saat ini sedang membuat rencana untuk  menabrakan pesawat ruang angkasanya langsung ke asteroid itu.

Diketahui beberapa waktu lalu NASA menyiapkan pesawat ruang angkasa untuk ditabrakan ke asteroid apabila benda itu mengancam Bumi. Hal ini merupakan misi dari NASA yang diperkirakan berlangsung tahun depan dan tengah dipersiapkan skemanya saat ini.

Rencana itu disebut sebagai  program yang dinamakan Double Asteroid Redirection Test (DART), NASA menargetkan asteroid Dimorhpos untuk dihancurkan.

Dari pemberitaan News.com Australia  yang mengutip astronom planet Johns Hopkins Andy Rivkin tentang misi DART NASA menyebutkan pihaknya  tidak terlalu memiliki banyak pilihan untuk menghalau asteroid yang masuk ke orbit Bumi.

Lebih lanjut  Hopkins menyebutkan bahwa  DART adalah uji coba pertama tentang bagaimana NASA dapat membelokkan asteroid tanpa harus menggunakan senjata nuklir.Untuk langkah awal, NASA akan meluncurkan misi pertamanya pada musim panas ini. Diperkirakan misi ini akan sampai di target pada tahun 2022.

Target yang akan dihancurkan NASA adalah dua batu luar angkasa  bulan bernama Dimorphos  yang berputar satu sama lain di sistem asteroid Didymos. Disini, NASA akan mengukur seberapa realistis rencana mereka untuk menyelamatkan Bumi dari ancaman asteroid dengan cara ini.

Sejauh ini, misi tersebut masih dalam penelitian sampai mana tingkat keberhasilannya menyelamatkan Bumi. NASA sendiri akan bekerja sama dengan Badan Antariksa Eropa (ESA) dan Italia dalam menjalankan misi DART tersebut.

Sebenarnya, ancaman asteroid yang membahayakan Bumi terbilang sangat kecil, walau tetap tidak bisa diremehkan.  Itulah sebabnya Lembaga Antariksa NASA menggelar persiapan serius untuk mengantisipasinya agar Bumi tetap aman.

Bentuk persiapan itu  dengan uji coba menabrakkan pesawat antariksa pada asteroid yang dianggap ancaman dalam misi bernama Double Asteroid Redirection Test (DART). Rencana itu sekarang sudah masuk dalam fase demo. (iu)

19 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini