Fenomena Alam Gerhana Matahari Cincin Terlihat Maksimal di Kanada Dan Rusia

8
192

Update.com| Fenomena alam berupa Gerhana Matahari Cincin (GMC) bakal terjadi pada 10 Juni 2021 dalam beberapa hari kedepan hanya dapat disaksikan secara maksimal di Pulau Ellesmere dan Bafin (Kanada), serta kawasan Siberia (Rusia).

Gerhana diperkirakan akan dimulai sekitar pukul 05.24 EST ketika Bulan lewat tepat di depan Matahari. Gerhana cincin ini akan mencapai puncaknya sekitar pukul 05.32 EST. Para astronom memperkirakan seluruh peristiwa ini akan berlangsung lebih dari satu jam dan akan selesai pada pukul 06:30 EST.

Wilayah lain seperti Greenland, Irlandia, Eropa, Rusia, negara Asia bagian tengah dan China bagian barat bisa menyaksikan gerhana matahari sebagian jika cuaca memungkinkan. Di Inggris dan Irlandia, misalnya, 38 persen matahari akan terhalang bulan dan menjadi fenomena gerhana matahari parsial sekitar pukul 11.00 waktu setempat.

NASA menjelaskan, tidak pernah aman untuk melihat langsung sinar matahari, apalagi jika sedang terjadi gerhana matahari. NASA mengingatkan agar masyarakat tidak melihat langsung fenomena tersebut tanpa alat bantu seperti kacamata gerhana.

Penampakan maksimum fenomena ini terjadi pada pukul 17.43.05 WIB atau 18.43.05 WITA atau 19.43.05 WIT. Sementara di wilayah seperti Greenland, Islandia, Eropa, Rusia, negara-negara di Asia Tengah, dan China, dapat menyaksikan Gerhana Matahari Sebagian.

Kondisi langit pada 10 Juni ketika senja, planet Venus dan Mars condong ke arah barat-barat laut, hingga kemudian terbenam di arah barat-barat laut masing-masing pukul 19.00 dan 20.30 waktu setempat. Merkurius tidak dapat terlihat sepanjang malam, dan berada di atas ufuk bersama-sama Matahari dan Bulan.

Sementara itu, ketinggian Bulan ketika terbenam Matahari bervariasi, antara -0,55° hingga -2,1°, dengan sudit elongasi terhadap Matahari bervariasi antara 0,29° sampai 1,94°, sehingga Bulan tidak dapat diamati meskipun dengan alat bantu.

Sedangkan Saturnus, baru dapat dilihat sejak pukul 21.30 waktu setempat dari arah timur, kemudian menyusul Jupiter yang baru terbit pada pukul 22.45 waktu setempat. Dari penjelasan yang disampaikan oleh LAPAN diketahuk bahwa kedua planet raksasa ini dapat disaksikan hingga fajar bahari berakhir keesokan harinya. (iu)

8 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini