Jalani Latihan Bersama di Pasifik Barat, AS Kirim Pesawat Pembom B-52 Dan Jet Tempur F-22

14
199

Update.com| Guna menjalani latihan bersama di Pasifik Barat bulan ini, pihak Angkatan Udara Amerika Serikat (AS) kirim pesawat tempur canggih Pembom B-52 dan jet tempur siluman F-22 Raptor. Dari penjelasan para analis memperkirakan bahwa pengiriman  jet tempur dalam jumlah luar biasa besar merupakan  pesan kuat kepada China tentang kekuatan Amerika.

Dikutip dari CNN pada Jumat (16/07/2021) kemarin, Jenderal Ken Wilsbach,  komandan Angkatan Udara Pasifik, menyampaikan  bahwa pihaknya  tidak pernah mengirim Raptor sebanyak ini secara  bersama di wilayah operasi Angkatan Udara Pasifik.

Masih menurut Wilsbach, Pacific Iron adalah salah satu pengerahan paling kompleks yang pernah mereka lakukan.

“Kita dapat memindahkan kekuatan dan kemampuan di seluruh dunia sesuka hati, tetapi apa yang mereka lakukan ketika kita menyatukan kemampuan ini yang paling penting,” kata Wilsbach.

Diperkirakan  bahwa  Angkatan Udara AS memiliki sekitar 180 F-22 dalam armadanya, meskipun hanya sekitar setengahnya yang mampu menjalankan misi pada satu waktu karena persyaratan pemeliharaan.

Dari  pernyataan Angkatan Udara Pasifik AS, untuk Operasi Pacific Iron, 10 pesawat tempur F-15 Strike Eagle dari Pangkalan Angkatan Udara Mountain Home di Idaho dan dua pesawat angkut C-130J Hercules dari Pangkalan Udara Yokota di Jepang akan bergabung dengan F-22 untuk mengisi armada udara untuk apa yang disebut Angkatan Udara sebagai operasi Agile Combat Employment, juga disebut sebagai operasi penyebaran tempur.

Kekuatan udara tempur AS di Pasifik barat terkonsentrasi pada instalasi militer besar seperti Pangkalan Udara Kadena di Okinawa atau Pangkalan Angkatan Udara Andersen di Guam. Serangan di pangkalan-pangkalan itu dapat melumpuhkan kemampuan militer AS untuk membalas musuh jika terlalu banyak kekuatan udara AS terkonsentrasi di sana.

Di Pacific Iron, pasukan akan berlatih dari lapangan terbang yang lebih kecil dan kurang berkembang seperti Bandara Internasional Tinian di pulau di Mariana Utara, Bandara Internasional Won Pat di Guam atau Northwest Field, jalur terpencil yang terpisah dari landasan pacu utama Pangkalan Angkatan Udara Andersen.

Pelajaran yang dipetik dalam latihan ini dapat diterapkan untuk beroperasi dari bandara-bandara yang lebih kecil di pulau-pulau di sekitar Pasifik barat. Itu akan meningkatkan jumlah target yang perlu dihancurkan oleh rudal musuh dan memberi kekuatan udara AS kesempatan yang lebih baik untuk bisa melawan.

Menurut Carl Schuster, seorang analis pertahanan yang berbasis di Hawaii dan mantan direktur operasi di Pusat Intelijen Gabungan Komando Pasifik AS, menyebarkan sejumlah besar F-22 untuk latihan mengirimkan pesan langsung ke China pada saat ketegangan hubungan di atas titik api Pasifik seperti Taiwan dan Laut China Selatan. Pengerahan F-22 normal terdiri dari enam hingga 12 pesawat.

“Angkatan Udara Pasifik menunjukkan bahwa mereka dapat mengerahkan sebanyak atau lebih pesawat generasi kelima ke teater dalam waktu singkat daripada yang dimiliki (China) saat ini di seluruh inventarisnya,” Kata Schuster.

Masih menurut  Schuster Angkatan udara China memiliki sekitar 20 hingga 24 pesawat tempur generasi kelima yang beroperasi, tetapi dia mencatat kemampuan Beijing meningkat dengan cepat.

Karena kemampuannya untuk menghindari deteksi radar, F-22 diharapkan menjadi salah satu senjata pertama yang digunakan dalam konflik apa pun, yang bertugas menghancurkan pertahanan udara musuh di antara misi lainnya.

Dikabarkan  sebelumnya, sekelompok pesawat pembom B-52 Angkatan Udara AS juga telah dikerahkan ke kawasan Indo-Pasifik. Komando Strategis Amerika mengeklaim pengerahan tersebut untuk menunjukkan komitmennya dalam membela sekutu Amerika di kawasan tersebut. (iu)

14 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini