China Gelar Latihan Militer Saat Kapal Perang Inggris Memasuki Laut China Selatan

13
191

Update.com| Bertepatan dengan latihan militer yang dilakukan  Angkatan Laut Tentara Pembebasan China (PLAN) di Laut China Selatan (LCS) minggu ini, dikabarkan ada  kapal perang Inggris yang  telah memasuki wilayah perairan yang disengketakan itu.

Melalui sebuah laporan dari  Media China, Global Times menyampaikan bahwa  Militer China akan menutup dua wilayah Laut China Selatan di lepas pantai Provinsi Guangdong China selatan untuk lalu lintas maritim yang menjadi lokasi latihan militer.

Namun dalam laporan itu tidak menyebutkan nama kapal perang China yang ambil bagian, tetapi menurut citra satelit yang diperoleh dari Badan Antariksa Eropa pekan lalu, kapal induk PLAN Shandong, dan kapal serbu amfibi Hainan sedang berada di Laut China Selatan.

Dari catatan yang disampaikan  Global Times menyebutkan bahwa latihan tersebut menunjukkan kesiapan pasukan PLAN, yang telah melihat peningkatan aktivitas yang nyata oleh Amerika Serikat (AS) dan sekutunya khususnya di Laut China Selatan, dalam beberapa bulan dan tahun terakhir seperti dikutip dari Sputnik, Rabu (28/07/2021) hari ini.

Diketahui beberapa waktu lalu sebuah kapal perang Inggris yang menjadi bagian kelompok tempur kapal induk HMS Queen Elizabeth, HMS Defender, telah memasuki Laut China Selatan. HMS Defender dilaporkan telah memasuki Laut China Selatan untuk operasi kebebasan navigasi.

Saat itu, Menteri Luar Negeri Inggris Dominic Raab memperingatkan Beijing bahwa armada Inggris, yang dipelopori oleh kapal baru HMS Queen Elizabeth  yang digambarkan sebagai bendera  angkatan laut Inggris  akan memasuki Laut China Selatan.

Kapal tersebut berhenti di banyak pelabuhan di sepanjang perjalanan dan melakukan latihan dengan angkatan laut beberapa negara, termasuk AS dan India.

Sebagaimana diketahui, Inggris mendukung upaya AS untuk mendelegitimasi klaim teritorial China atas beberapa kelompok pulau kecil di Laut China Selatan yang tumpang tindih dengan klaim negara-negara regional lainnya, termasuk Taiwan, Filipina, Brunei, Malaysia, dan Vietnam.

Melansir laman resmi Angkatan Laut Inggirs, HMS Queen Elizabeth adalah kapal terbesar dan paling kuat yang pernah dibangun untuk Angkatan Laut Kerajaan. Kapal perang itu diklaim mampu membawa hingga 40 pesawat.  Kapal Indut itu memiliki panjang hingga 280 meter juga mampu bergerak dengan kecepatan lebih dari 25 knot serta berbobot 72.000 ton. (iu)

13 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini