NASA Bakal Eksplorasi Emas Yang Ada di Asteroid Psyche 16 Untuk Tujuan Penelitian

11
165

 

Update.com| NASA yakni Badan Antariksa milik Amerika Serikat (AS)  berencana untuk mengeksplorasi asteroid Psyche 16 yang diyakini sebagai tambang emas alam semesta. Menurut laporan yang diterima NASA, kandungan emas di asteroid cukup untuk membuat setiap penghuni Bumi menjadi miliarder.

Diberitakan oleh The Sun, Asteroid Psyche 16 ditemukan pada akhir abad ke-19. Psyche 16 terletak di antara orbit Mars dan Jupiter dan terdiri dari struktur logam padat.  Kandungan lain yang terdapat di Psyche diperkirakan juga akan diisi tumpukan platina, besi, dan nikel. Secara total, semua jenis logam di asteroid diperkirakan bernilai £8.000 kuadriliun.

Menurut rencana, NASA akan meluncurkan misi ke asteroid Psyche 16 pada Agustus 2022 dan diperkirakan akan tiba di sana sekitar tahun 2026. Misi yang disebut Misi Penemuan dan tidak dimaksudkan untuk membawa pulang emas yang ditemukan di asteroid, melainkan untuk tujuan ilmiah.

Dalam penjelasan  NASA,Tujuan dari misi ini adalah untuk menentukan apakah  Psyche 16 memang merupakan inti dari objek tingkat planet. Diketahui bahwa NASA sedang serius mempersiapkan proyek misi perjalanan luar angkasa ke sebuah asteroid raksasa itu.

Guna melancarkan misi itu, Sebuah tim di California telah membuat peta suhu baru untuk membantu NASA memahami sifat permukaan asteroid. Biasanya, gambar inframerah dari batu ruang angkasa hanya memberikan fragmen data yang setara dengan satu piksel, tetapi peneliti bisa mendapatkan resolusi 50 piksel, menurut Daily Mail.

Dari penjelasan para peneliti, temuan ini merupakan langkah untuk memecahkan misteri asal usul objek yang tidak biasa ini, yang telah dianggap oleh beberapa orang sebagai bongkahan inti dari protoplanet yang bernasib buruk.

Mereka menemukan bahwa permukaannya terdiri dari setidaknya 30 persen, dengan batuan lebih lanjut di permukaan yang mengandung butiran logam. (iu)

 

11 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini