Tuntut Kejelasan Nasib Mereka, Pencari Suaka Asal Afghanistan Demo Di Kantor UNHCR Jakarta

10
147

 

Update.com| Warga negara  Afghanistan,  pencari suaka berunjuk rasa  di depan kantor UNHCR, Menteng, Jakarta Pusat hari ini, Selasa (24/08/2021) pukul 09.20 WIB.  Mereka menyampaikan  sejumlah tuntutan  salah satu tuntutan mereka terkait kejelasan nasib mereka di Indonesia untuk bisa dipindahkan ke permukiman permanen di negara ketiga sebagai pengungsi.

Para pengunjuk rasa  berkumpul di trotoar, di depan kantor UNHCR. Tidak hanya orang dewasa, sejumlah anak-anak WN Afghanistan juga ikut demo. Mereka membawa sejumlah poster. Di antaranya bertulisan We are mentally exhausted by long processing times.

Aparat yang mengawal jalannya unjuk rasa  mengimbau para demonstran untuk bubar. Hal itu karena saat ini  DKI Jakarta masih menerapkan PPKM level 3. Namun saat diminta bubar, aksi dorong-doronganpun  terjadi.  Para pengunjuk rasa tetap bersuara sambil membawa sejumlah poster.

“Kepada seluruh demonstran, kami imbau sekali lagi, kepada seluruh demonstran, agar sekarang juga meninggalkan lokasi, situasi Jakarta masih level 3, dilarang ada kerumunan.  Jika tidak, akan kami lakukan upaya hukum. Kami imbau segera meninggalkan tempat,” kata salah seorang petugas.

Tampak WN Afghanistan  yang melakukan unjuk rasa membentangkan sebuah spanduk besar dengan tulisan UNHCR Indonesia mohon untuk tidak menyalahi prosedur kerja, konvensi 1951 dan protokol 1967. Hentikan kebijakan yang tidak manusiawi terhadap pencari suaka di Indonesia. Kami butuh perpindahan sebabkan kami hidup sengsara.

Dari keterangan tertulis yang disampaikan oleh  Hakmat salah seorang pengungsi dari Afghanistan, mengaku sudah tinggal di Jakarta sejak tahun 2013. Dia mengatakan beberapa keluarga dan kerabatnya sudah kembali ke Afghanistan.

Menurut penjelasan Hakmat menyebut dia dan para pendemo lainnya sadar Indonesia saat ini masih dalam masa pandemi Covid-19 dan tidak mengizinkan adanya kerumunan dan aksi demonstrasi. Namun, lanjut dia, pilihan ini terpaksa diambil demi kejelasan nasib mereka.

Sejauh ini demo terpantau tertib. Massa juga mengenakan masker, meski tidak berjarak.  Sementara itu, arus lalu lintas di lokasi terlihat padat merayap. Kendaraan berjalan perlahan ketika melintas di depan lokasi demo. (iu)

10 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini