Delapan Belas Orang Tokoh Nasional Akan Dapat Gelar Tanda Jasa Kehormatan Dari Jokowi

11
348
Mahfud Md Sampaikan 18 Orang Tokoh Akan Mendapatkan Gelar Atau Tanda Jasa Kehormatan Dari Presiden Joko Widodo

 

Isuterkini.com| Sebanyak 18 orang tokoh akan mendapatkan gelar atau tanda jasa  kehormatan dari Presiden Joko Widodo  (Jokowi). Para tokoh yang akan menerima tanda jasa itu dinilai berjasa dan telah melakukan inovasi di berbagai bidang.

Ketua Dewan Gelar Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan Mahfud Md setelah bertemu  Jokowi di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, pada Kamis (03/08/23) kemarin menjelaskan  Presiden memutuskan akan memberikan gelar atau tanda jasa dan tanda kehormatan kepada 18 orang.

Tanda Kehormatan Bintang Mahaputera Utama akan diberikan kepada Wakil Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) periode 2023-2028, Saldi Isra. Kemudian, Anggota Komisi Yudisial 2021-2023 Sukma Violetta, dan Anggota Komisi Yudisial periode 2021-2023 Prof.Dr. Joko Sasmito.

Selanjutnya  Jokowi juga setuju memberikan Tanda Kehormatan Bintang Mahaputera Pratama kepada mantan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Komjen (Purn) Boy Rafli Amar. Boy sendiri pernah menjadi Kapolda Banten hingga Kapolda Papua.

Selain itu kata Mahfud, Jokowi juga memberikan Tanda Kehormatan Bintang Jasa Utama kepada lima orang yaitu: Anggota Komisi Yudisial Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) Sumaryanto, Penasihat Senior Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Bidang Kerja Sama Internasional Prof.Dr. Makarim Wibisono.

Dan yang lainnya adalah  Staf Khusus Presiden RI Ari Dwipayana, Staf Khusus Presiden RI Sukardi Nakit, dan Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey.

Jokowi juga akan pemberian Tanda Kehormatan Bintang Budaya Paramadharma kepada 2 orang yaitu, almarhum Tjokorda Gede Agung Sukawati seorang budayawan dan almarhum Kanjeng Gusti Pangeran Haryo Joyokusumo seniman kebudayaan dan pendidikan

Lebih lanjut Mahfud mengungkapkan Jokowi juga menyetujui pemberian Tanda Kehormatan Bintang Jasa Pratama kepada tiga orang yaitu, Soeharjono Sastromiharjo seorang diplomat, Guru Besar Manajemen Lingkungan Universitas Diponegoro Soedarto Prawoto Hadi, dan Peneliti Ahli Utama BRIN Prof. Edwin Aldrian.

Kata Mahfud, Jokowi juga akan  memberikan Tanda Kehormatan Bintang RI Adipradana kepada Ibu Negara Iriana Jokowi dan Bintang Mahaputera Adiprana untuk Ibu Wurry Ma’ruf Amin. Mahfud menjelaskan bahwa istri-istri presiden sebelumnya memang mendapatkan kehormatan tersebut.

“Semua istri presiden yang terdahulu dan istri wapres terdahulu mendapat bintang yang sama sesuai ketentuan perundang-undangan,” ujar Mahfud.

Yang terakhir Jokowi akan memberikan  Bintang Budaya kepada mantan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama sebagai penggiat seni dan budaya. Lalu, Jokowi juga memberikan gelar kehormatan kepada Presiden FIFA Gianni Infantino. (it)

 

11 KOMENTAR

  1. Bintang 5 untuk para pahlawan Nasional Indonesia tugas kita bersama bersinergi mengisi pondasi ekonomi kemerdekaan untuk Indonesia maju

  2. Hormat setinggi2 nya utk semua pahlawan negara yg telah memperjuangkan Ideologi Pancasila tegak bersama Negara Kesatuan Republik Indonesia. NKRI harga mati!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini