Rudal Hipersonik Dengan Kemampuan luncur 1 Mil per Detik Sedang Dikembangkan AS

0
486

Update.com| Persaingan dibidang persenjataan semakin ketat usai  Amerika Serikat (AS), negara yang mengklaim diri sebagai polisi dunia  itu bahkan telah memilih untuk pertama dari Angkatan Daratnya yang akan dilengkapi dengan rudal hipersonik. Disampaikan oleh  Defense News, unit militer yang belum disebutkan namanya itu akan segera menerima peralatan yang dibutuhkan untuk menangani senjata kosmik baru.

Letnan Jenderal L. Neil Thurgood, Direktur Percepatan Kemampuan dan Teknologi Kritis AD AS mengatakan unit tersebut akan dilengkapi sepenuhnya pada bulan September. Namun, mereka tidak akan memiliki senjata itu sendiri, karena masih dalam pengembangan.

Seperti diberitakan oleh Express, hari ini  Sabtu (13/02/2021), Thurgood mengatakan bahwa rudal pertama akan dikirim pada tahun 2023. Rudal  hipersonik memiliki kemampuan untuk mengubah peperangan di masa depan secara substansial dan telah menjadi prioritas utama Pentagon.

Dikabarkan juga bahwa rudal dapat bergerak dengan kecepatan hingga Mach 5 atau lebih tinggi, yang setidaknya lima kali lebih cepat dari kecepatan suara. Itu berarti senjata hipersonik dapat bergerak sekitar satu mil per detik. Kecepatannya, serta lintasannya yang datar dan kemampuannya untuk bermanuver dalam penerbangan, membuat rudal jauh lebih sulit untuk dicegat.

AS memang disebut  tertinggal dari pesaing militer utamanya yaitu Rusia dan China dalam pengembangan persenjataan kosmik. China telah menawarkan rudal hipersonik canggih yang disebut DF-17, yang menurut para analis mampu menyerang pangkalan AS di wilayah tersebut.

Sementara pihak Rusia mengungkapkan rudal Avangard pada Desember 2019, dengan Presiden Vladimir Putin mengklaim senjata baru itu dapat bergerak hingga 20 kali kecepatan suara, seperti ‘meteorit’ atau ‘bola api’.

Angkatan Laut dan Angkatan Udara AS saat ini sedang mengembangkan rudal hipersonik mereka sendiri. Angkatan Laut AS berharap memiliki senjata yang diluncurkan kapal pada tahun 2023, diikuti oleh rudal yang diluncurkan oleh kapal selam pada tahun 2024.

Angkatan Udara AS sedang melakukan sentuhan akhir pada senjata tanggap cepat (ARRW) yang diluncurkan dari udara (ARRW) AGM-183A milik Lockheed Martin. Rudal ini harus beroperasi penuh pada tahun 2022 setelah selesainya program pengujian. (ian/iu)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini