Gus Kikin Tegaskan Ponpes Tebuireng Tetap Netral Dan Tidak Dukung Capres Tertentu

16
200
KH Abdul Hakim Machfudz (Gus Kikin) Pengasuh Pnpes Tebuireng Angkat Bicara Dan Menegaskan Ponpes Tetap Netral Pada Pemilu 2024

 

Isuterkini.com|  Pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Tebuireng, Jombang, KH Abdul Hakim Machfudz (Gus Kikin)  angkat bicara dan menegaskan ponpes  tetap netral  pada Pemilu 2024.  Hal ini disampaikan Gus Kikin untuk menepis kabar yang menyebutkan Ponpes Tebuireng, Jombang mendukung pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di Pilpres 2024.

Melalui penjelasan yang disampaikan  Gus Kikin menyatakan Ponpes Tebuireng selalu berpegang teguh pada ajaran KH Hasyim Asy’ari, yakni selalu menjaga marwah pesantren berasaskan kebangsaan untuk kemaslahatan umat.

“Pesantren Tebuireng tidak pernah terlibat politik praktis, termasuk memberikan dukungan terbuka dalam kontestasi pemilihan presiden dan wakil presiden,” kata Gus Kikin, pengasuh Ponpes Tebuireng, Rabu (07/02/24) kemarin.

Baca Juga : Potensi Bandung Barat Besar, Butuh Pemimpin yang Punya Kemauan Dan Niat Baik Untuk Membangun

Lebih lanjut Gus Kikin menjelaskan bahwa secara kelembagaan, pesantren yang didirikan oleh Kakek Gus Dur itu netral dalam kontestasi Pilpres 2024. Tujuannya tak lain untuk menjaga persatuan dan semangat ukhuwah.

Ia juga mengatakan selama ini Ponpes Tebuireng senantiasa menerima dan menghormati para tamu yang bersilaturahmi. Karena itu sesuai dengan tuntutan Islam. Terkait pemberitaan yang menyebut Ponpes Tebuireng mendukung paslon nomor urut 2, Prabowo-Gibran, ia tegas membantahnya.

“Kegiatan pemberian dukungan terhadap salah satu Paslon Pilpres 2024 di acara ‘Mudzakarah Indonesia Maju’ yang diadakan di lokasi parkir KMGD (di luar kawasan Pesantren Tebuireng) tidak mewakili sikap kelembagaan Pesantren Tebuireng, melainkan merupakan sikap personal,” papar Gus Kikin.

Saat menjelaskan tentang pertemuan 60 kiai Mataraman dengan Prabowo Subianto di Ponpes Tebuireng pada 11 November 2023 lalu, Gus Kikin mengakui Tebuireng menjadi tuan rumah pertemuan tersebut. Namun menurutnya dirinya tidak pernah menyatakan dukungan kepada Capres tertentu.

Berikut pernyataan lengkap Pesantren Tebuireng terkait rumor dukungan terhadap capres-cawapres tertentu pada pilpres 2024:

Baca Juga : Gantikan Gus Yaqut, Addin Jauharuddin Terpilih Jadi Ketua Umum GP Ansor 2024-2029

Bismillahirrahmanirrahim

Sehubungan dengan beredarnya berita/informasi/postingan di media sosial terkait deklarasi yang mengatasnamakan Pesantren Tebuireng tentang dukungan terhadap salah satu Paslon Presiden dan Wakil Presiden, maka Pesantren Tebuireng merasa perlu menyampaikan klarifikasi/tabayun sebagai berikut:

  1. Pesantren Tebuireng selalu menjaga marwah pesantren dengan berasaskan kebangsaan untuk umat Islam, sebagaimana diajarkan oleh Hadratussyekh KH M. Hasyim Asy’ari.
  2. Pesantren Tebuireng tidak pernah terlibat politik praktis termasuk memberikan dukungan terbuka dalam kontestasi pemilihan presiden dan wakil presiden.
  3. Pesantren Tebuireng tetap dalam posisi netral dan tidak berpihak dalam kontestasi pilpres 2024 dalam rangka menjaga persatuan dan semangat ukhuwah.
  4. Pesantren Tebuireng senantiasa menerima dan menghormati tamu yang bersilaturahim sesuai dengan tuntunan ajaran Islam.
  5. Adanya kegiatan “pemberian dukungan” terhadap salah satu Paslon Pilpres 2024 di acara “Mudzakarah Indonesia Maju” yang diadakan di lokasi parkir KMGD (di luar kawasan Pesantren Tebuireng) tidak mewakili sikap kelembagaan Pesantren Tebuireng, melainkan sikap personal.

Demikian hal ini kami sampaikan untuk menjadi perhatian.

Jombang, 7 Februari 2024

Pengasuh Pesantren Tebuireng

 

KH Abdul Hakim Machfudz

(it)

16 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini