Kim Jong Un Dapat Hadiah Mobil Mewah Buatan Rusia Dari Presiden Vladimir Putin

7
342
Presiden Rusia Vladimir Putin Berikan Hadiah Sebuah Mobil Mewah Kepada Kim Jong Un Pemimpin Korea Utara

 

Isuterkini.com|  Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un mendapatkan hadiah sebuah mobil buatan Rusia dari Presiden Rusia Vladimir Putin. Hadiah ini semakin mempererat kerja sama Rusia dan Korea Utara di bidang pariwisata hingga pertahanan.

Dari pemberitanaan yang disiarkan oleh  Kantor Berita Pusat Korea (KCNA) di Pyongyang melaporkan Selasa (20/02/24) kemarin, pemberian mobil tersebut jelas menunjukkan hubungan khusus antara antara Putin dan Kim Jong Un.

BERITA UNTUK ANDA : Tokoh Oposisi Rusia Alexei Navalny Tewas Di Penjara, Pemimpin Dunia Ramai-Ramai Kecam Putin

Menurut KCNA, mobil buatan Rusia itu dikirimkan kepada ajudan top Kim Jong Un oleh pihak Rusia pada 18 Februari lalu. Ucapan terima kasih melalui KCNA, disampaikan kepada Putin oleh lewat Kim Yo Jong, adik perempuan Kim Jong Un. Meskipun demikian, KCNA Tidak menyebutkan secara spesifik soal model kendaraan tersebut. Tidak dijelaskan juga bagaimana hadiah mobil itu dikirimkan dari Rusia ke Korut.

Sebelumnya Pemimpin Korut itu untuk mengadakan pembicaraan dengan Putin pada saat itu mengisyaratkan kemungkinan Korea Utara memberikan senjata kepada Rusia untuk membantu invasi mereka ke Ukraina.

Kim Jong Un  pernah mengunjungi Putin tahun lalu yang menandakan Pyongyang semakin dekat dengan Moskow. Dikabarkan sekelompok wisatawan Rusia tiba awal bulan ini untuk perjalanan empat hari.  Ini merupakan kelompok wisatawan asing pertama yang diketahui sejak sebelum penutupan perbatasan terkait pandemi di negara tersebut.

Putin dikabarkan sedang bersiap untuk melakukan kunjungan kembali ke Pyongyang. Ketertarikan Kim Jong Un pada mobil mewah sudah diketahui luas. Ia sebelumnya terlihat menggunakan mobil mewah, antara lain SUV Lexus dan Mercedes-Benz S-Class.

BERITA UNTUK ANDA : Mengejutkan Ternyata Putin Lebih Suka Biden Ketimbang Trump Pada Pilpres AS Mendatang

Berdasarkan  laporan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada tahun 2021 lalu  mengungkapkan adanya upaya pengiriman kendaraan mewah senilai lebih dari USD1 juta yang diduga dari Uni Emirat Arab ke Ningbo, China, untuk pengiriman selanjutnya ke Korea Utara.

Sebagaimana diketahui bahwa mengimpor mobil mewah ke Korea Utara merupakan pelanggaran sanksi PBB atas program senjata terlarang Kim Jong Un. Selama kunjungan Kim Jong Un ke Rusia tahun lalu, terlihat mengendarai mobil lapis bajanya berangkat dari stasiun kereta Artyom. (it)

 

7 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini