Meski long weekend Dukcapil DKI Buka hingga Hari H Pemilu

14
199
Kepala Dinas Dukcapil DKI Jakarta Menyampaikan Bahwa Dukcapil Tetap Buka Di Long Weekend Atau Libur Panjang

 

Isuterkini.com| Budi Awaluddin, Kepala Dinas Dukcapil DKI Jakarta menyampaikan bahwa Dukcapil tetap buka di long weekend atau libur panjang. Hal ini diharapkan mampu membantu masyarakat mengurus KTP sebagai syarat untuk nyoblos 14 Februari nanti.

Dalam penjelasan Budi di Kantor KPU DKI Provinsi Jakarta, Jakarta Pusat, hari ini, Rabu (07/02/24) menyebutkan berdasarkan arahan dari Dirjen Dukcapil pihaknya akan membuka layanan, membuka loket, dan tiket nanti untuk di suku dinas.

Baca Juga : Ingatkan Jokowi Jaga Netralitas Dalam Pemilu 2024, 44 Guru Besar ITS Nyatakan Sikap

“Hari Kamis, Jumat, Sabtu, Minggu kan libur. Namun kami dari Dinas Dukcapil Provinsi DKI Jakarta sebagai arahan dari Dirjen Dukcapil, kami membuka layanan, membuka loket, dan tiket nanti untuk di suku dinas. Loker-loker di kota dan loket-loket di kota, kami buka layanan di Kamis, Jumat, Sabtu, dan Minggu,” kata Budi.

Lebih lanjut  Budi menambahkan pada hari H pemilu atau di tanggal 14 Februari nanti, Dinas Dukcapil DKI Jakarta juga masih membuka layanan. Hal ini untuk membantu warga yang kehilangan kartu identitas atau para pemilih pemula yang telah memenuhi syarat umur di hari H pemilu.

“Kita ada 412 (orang) yang berulang tahun di hari H. Kami sudah antisipasi, juga menghubungi mereka. Kita cetakkan di hari H. Nanti dari petugas kami akan mengantarkan ke mereka. Kita pastikan jam 09.00 WIB (pelayanan) sudah dibuka,” tutur Budi.

Sementara itu,  Ketua Divisi Data dan Informasi KPU DKI Jakarta Fahmi mengingatkan jika 7 Februari merupakan hari terakhir untuk warga yang ingin pindah lokasi memilih.

Baca Juga : Dudung Kritik Pidato Megawati, Ini Pembelaan Sekjen PDIP

“Kami masih membuka DPTb (Daftar Pemilih Tambahan) hari ini terakhir jam 23.59 (WIB). Bagi warga yang ingin pindah memilih yang kemudian memenuhi syarat, kemudian yang bertugas di tempat pemungutan suara, bisa datang ke kantor KPU dan kota atau di PPK, PPS di wilayah masing-masing,” papar Fahmi.

Hal ini juga berlaku kepada masyarakat yang sedang sakit atau pendamping yang ingin mengajukan pindah pilih. Sejauh ini, jumlah DPTb yang masuk ke DKI Jakarta per 7 Februari pukul 08.00 WIB sebanyak 117 ribu warga. (it/yml)

 

14 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini