Pantai Koka di Sikka Flores Punya Pesona Alam Yang Indah Dan Masih Terjaga Keasliannya

23
542
Pantai Koka Menawarkan Keindahan Alam Yang Terjaga Dengan Baik, Hal Lain Yang Menarik Adalah Flora Dan Fauna Di Sekitar Pantai Masih Mempertahankan Keasliannya

 

Isuterkini.com| Pulau Flores di Nusa Tenggara Timur punya salah satu wisata pantai yang sangat menawan. Pantai itu bernama Pantai Koka  yang telah menjadi salah satu destinasi unggulan bagi wisatawan, baik lokal maupun luar daerah.

Sebagai informasi, Pantai ini berada di Desa Wolowiro, Kecamatan Paga. Dinamakan demikian karena di seberang pantai ini berdiri kokoh sebuah pulau karang dengan nama Koka yang kokoh meskipun diterjang gelombang Laut Sawu.

Keunikan dan daya tarik Pantai Koka karena terbagi dalam tanjung atau daratan berupa yang menjorok ke laut. Tanjung terdiri dari kombinasi pasir putih dan bukit karang yang menjulang tinggi. Karang ini bisa dipanjat dengan akses anak tangga untuk mendapatkan pemandangan sekitar secara menyeluruh.

Baca Juga : Pantai Tarimbang Miliki Pesona Pasir Putih, Langit Biru Dan Deburan Ombak Khas Pantai Selatan

Sementara pada di sisi kanan dan kiri tanjung ini membentuk pantai dengan formasi setengah lingkaran. Di sisi barat, bentangan pantai berpasir krem sepanjang sekitar 150 meter, sementara di sisi timur bentangan pasir putih dengan panjang sekitar 100 meter.

Pantai ini diminati banyak orang karena keindahannya yang memukau. Airnya yang jernih dengan warna biru tosca yang mempesona, bukit-bukit yang mengelilinginya, serta pasir putih halus, semuanya menyuguhkan pemandangan alam yang luar biasa indah.

Pantai Koka Berada Di Desa Wolowiro, Kecamatan Paga. Nama Koka Diambil Karena Di Seberang Pantai Ini Berdiri Kokoh Sebuah Pulau Karang Dengan Nama Koka

Dengan keindahan alamnya yang memikat, pantai ini juga sering dijuluki sebagai The Dream Beach atau pantai impian yang menawan hati. Saat menginjakkan kaki di pantai ini, pengunjung akan disambut oleh pemandangan yang luar biasa.

Pantai Koka juga menawarkan keindahan alam yang terjaga dengan baik. Hal lain yang menarik adalah Flora dan fauna di sekitar pantai masih mempertahankan keasliannya, menambah pesona alam liar yang bisa dinikmati oleh para pengunjung.

Baca Juga : Kelabba Maja Satu Satunya Ngarai Cantik Dan Eksotik Di Pulau Sabu NTT

Akses menuju Pantai Koka lumayan  mudah, dari jalan Trans Flores akan dijumpai petunjuk arah ke pantai koka. kemudian dilanjutkan melalui jalan sempit, hutan dan perkebunan warga berupa tanaman kakao yang menjadi teman perjalanan sekaligus menjadi peneduh.

Harus diakui bahwa Jalannya cukup terjal berupa tanah dan batu. Dari kondisi ini terlihat bahwa pantai Koka  belum digarap secara serius sebagai mana layaknya daerah destinasi wisata. Tidak heran kalau  pengunjung yang datang ke Pantai Koka  tidak begitu banyak terutama pada hari biasa, ditambah jaraknya yang mencapai 48,7 kilometer.

Dengan keindahan alam dan kelestarian lingkungan yang terjaga, Pantai Koka menjadi destinasi yang patut dikunjungi oleh siapa pun yang mencintai keindahan alam dan ingin menyaksikan keajaiban alam yang masih alami. (yml/it)

23 KOMENTAR

  1. Komentar dari anda sedang menunggu moderasi
    untuk teman-teman yang ingin liburan ke Nusa Tenggara Timur (Flobamorta) jangan ragu
    kalian akan disuguhkan alam yang masih asri

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini