Puing-Puing Helikopter Ingenuity Di Mars Berhasil Ditemukan Rover Perseverance Milik NASA

24
348
Perseverance, Rover Penjelajah Mars Milik NASA Temukan Puing-Puing Helikopter Ingenuity Yang Alami Kecelakaan Di Planet Mars

 

Isuterkini.com|  Puing-puing helikopter Ingenuity di planet Mars berhasil ditemukan oleh Perseverance, rover penjelajah Mars milik NASA. Dikabarkan bahwa helikopter pengintai Ingenuity yang beberapa waktu lalu mengalami kecelakaan saat bertugas mencari tanda-tanda kehidupan di sana.

Dari informasi yang disampaikan NASA, Ingenuity ditemukan di puncak sebuah gurun pasir yang diberi nama Neretva Vallis dalam kondisi yang rusak parah. NASA menyebut, saking parahnya kerusakan yang dialami, Ingenuity bahkan sampai tidak dapat beroperasi kembali.

Baca Juga : Meskipun Sudah Mati, Ilmuwan Ciptakan Mesin Untuk Menambah Panjang Nyawa

Diberitakan oleh  Mashable, seperti dikutip hari ini, Kamis (08/02/24), helikopter Ingenuity sebelumnya berhasil membuat sejarah karena menjadi helikopter pertama yang melakukan penerbangan bertenaga dan terkendali di Mars.

Ingenuity terbang di Mars sebanyak 72 kali dengan jarak sejauh 2.315 kaki. Apa yang dilakukan Ingenuity ini di luar perkiraan para ilmuwan yang semula hanya berharap helikopter tersebut dapat terbang sebanyak 5 kali.

Karena perbedaan karakter atmosfer, berbagai tantangan penerbangan berhasil dilalui. Salah satunya, untuk bisa terbang di atmosfer Mars yang cukup tipis, dengan volume sekitar satu persen volume Bumi. Hal ini menyulitkan untuk menghasilkan gaya angkat yang dibutuhkan untuk penerbangan.

Agar dapat terbang, Ingenuity memutar bilah rotor setinggi empat kaki dengan kecepatan 2.400 putaran setiap menit. Namun kecelakaan yang terjadi mengakibatkan rotor rusak hingga tidak dapat lagi menghasilkan daya angkat.

Diketahui bahwa Ingenuity mengalami kecelakaan saat mencari tanda-tanda kehidupan di planet merah itu beberapa waktu lalu. Ingenuity ditemukan di puncak sebuah gurun pasir yang diberi nama Neretva Vallis dalam kondisi yang rusak parah.

Menurut penjelasan disampaikan oleh NASA, saking parahnya kerusakan yang dialami, Ingenuity bahkan sampai tidak dapat beroperasi kembali.

Tim misi berhasil menjalin kembali kontak dengan Ingenuity, tetapi citra yang dikumpulkan helikopter selama penerbangan mengungkapkan bahwa satu atau lebih dari empat bilah rotornya mengalami kerusakan saat mendarat.

Baca Juga : Temuan Revolusioner Para Ilmuan Dengan Menciptakan Baterai Berbahan Dasar Darah

Meskipun misi utama helikopter kecil itu ditargetkan hanya berlangsung selama 30 hari, namun helikopter tersebut tetap beroperasi di permukaan Mars selama hampir tiga tahun. Tetap mengudara selama hampir 129 menit dan menempuh jarak sekitar 17,7 kilometer.

Diketahui bahwa Ingenuity dan Perseverance telah menjelajahi area yang dikenal sebagai Kawah Jezero dan  menemukan tanda-tanda perairan kuno di Planet Merah yang mungkin pernah menjadi tempat tinggal kehidupan miliaran tahun yang lalu. (it/unt)

24 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini