by

SAH..!! Indonesia Ambil 51% Saham Freeport

-Isu Nasional-dibaca 47 kali

Indonesia Ambil 51% Saham Freeport – Pemerintah indonesia menandatangani perjanjian jual beli saham PT Freeport Indonesia ke PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum). Kesepakatan itu diteken antara PT Inalum sebagai induk BUMN tambang Freeport Mcmoran dan PT Rio Tinto Indonesia.

Kamis sore tanggal 27 September 2018, pemerintah bersama dengan PT Freeport McMoRan dan juga PT Inalum secara resmi menandatangani perjanjian divestasi untuk PT Freeport Indonesia ke PT Inalum. Dalam acara ini dihadiri oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri ESDM dan Menteri BUMN.

Perjanjian ini merupakan kelanjutan dari perjanjian awal antara PT Freeport McMoRan, Rio Tinto dan Inalum yang digelar pada 7 Juli 2018 lalu. Dan dengan perjanjian ini nantinya akan ada perjanjian tentang pertukaran kemudian juga perjanjian tentang jual beli saham.

Kepemilikan saham sebesar 51% PT Freeport Indonesia oleh PT Inalum akan diikuti perubahan ijin Freeport dari kontrak karya menjadi ijin usaha pertambangan khusus sekaligus memberi hak operasional hingga 2041, serta pembangunan fasilitas pengolahan dan pemurnian atau smleter oleh freeport Indonesia.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

News Feed