Menuju 2024 Makin Seru, Survei Capres Pilihan Anak Muda Milik Anies VS Ganjar

7
194

Update.com| Lembaga survey  Indikator Politik Indonesia merilis hasil survei nasional terhadap suara anak muda terkait isu-isu sosial, politik dan bangsa, salah satunya terkait pilihan presiden jika pemilu dilakukan saat ini.

Dari survey tersebut,  nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berada paling atas di antara 17 nama-nama lainnya. Metode survei yang digunakan simple random sampling sebanyak 206.983 responden yang terdistribusi secara acak di seluruh nusantara dan pernah diwawancarai secara tatap muka langsung dalam rentang 2 tahun terakhir.

Margin of error survey ini  sekitar 2,9 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. Survei digelar pada Maret 2018-2020. Total survei sampel yang berhasil diwawancara sebanyak 1.200 responden warga negara Indonesia berusia 17-21.

Burhanuddin Muhtadi yakni  Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia mengatakan pertanyaan yang diajukan adalah jika pemilihan presiden dilakukan saat ini. Hasilnya, 15,2 persen anak muda memilih Anies Baswedan menjadi presiden.

“Antara 17 nama yang paling tinggi antara absolut itu, Anies Baswedan di angka 15,2 persen,” kata Burhanuddin melalui  diskusi virtual yang dilakukan hari ini, Minggu (21/03/202).

Untuk urutatn kedua ditempati Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan 13,7 persen. Kemudian ada Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di posisi ketiga dengan 10,2 persen.

Sementara pada Posisi keempat pemilihan presiden versi anak muda ditempati Menparekraf Sandiaga Uno dengan persentase 9,8 persen. Kemudian ada Menhan Prabowo menempati posisi kelima dengan 9,5 dan Ketum Demokrat diposisi keenam dengan 4,1 persen.

Untuk suara  pemilih Presiden Joko Widodo (Jokowi), Burhanuddin menyebut pemilihnya menyebar ke beberapa nama. Sedangkan suara Anies berasal dari pendukung Prabowo-Sandi pada Pilpres 2019.

Masih menurut penjelasan yang disampaikan oleh Burhanuddin,  secara umum, sesuai dengan temuan kami juga pemilih Pak Jokowi itu nyebar, sementara Anies paling banyak, dia mendapatkan dukungan diantara mereka yang mencoblos Pak Prabowo-Sandi di 2019 kemarin. (iu)

7 KOMENTAR

  1. Babe anis belajar banyak yach, biar kontetasi politiknya baik nnti saat kompetisi. Kalau pak Ganjar ga diragukan lagi dengan sederet bukti kerjanya. Kalau pak ganjar jadi presiden nanti berdiri di kaki sendiri yach untuk perjuangan suara rakyat karena negara ini bukan punya partai. Hehehehhehe

  2. Keduanya Putra-putra Indonesia yg menurut survei pada capres 2024 dan gak salah survei katakan demikian akan tetapi mungkin masih ada survei pada putra/putri yg lain selain pak Anies sama pak Ganjar…

  3. Semoga Putra Putri Bangsa Indonesia, bisa berlogika sehat, mempunyai wawasan luas & pemahaman yang matang dalam memilih Pemimpin.. Kita menuju Indonesia Maju & Unggul, Pemimpin harus memiliki kemampuan untuk melakukan menagerial di segala bidang & terobosan mengejar ketinggalan Bangsa ini.. Sekaligus membumikan PANCASILA di setiap sendi kehidupan Bernegara..

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini