Bakal Jadi Sumber Energi Kedepan, Ilmuwan Capai Terobosan Baru Fusi Nuklir

7
129

 

Update.com| Ilmuwan nuklir mengklaim telah menghasilkan sejumlah besar energi dari fusi nuklir dengan menggunakan  laser seukuran tiga lapangan sepak bola. Dengan Keberhasilan ini bisa menjadi harapan untuk pengembangan sumber energi bersih terbarukan untuk kepentingan kebutuhan manusia.

Percobaan yang dilakukan oleh  para ahli yang memfokuskan susunan raksasa yang terdiri dari hampir 200 sinar laser ke sebuah titik kecil. Hasilnya disebutkan bahwa percobaan ini menciptakan ledakan energi yang besar delapan kali lebih banyak daripada yang pernah mereka lakukan sebelumnya.

Disebutkan bahwa energi yang dihasilkan hanya bertahan untuk waktu yang sangat singkat, sekitar 100 triliun detik namun hasil ini membuat langkah ilmuwan sudah lebih dekat ke penyalaan fusi, momen ketika mereka menciptakan lebih banyak energi daripada yang mereka gunakan.

Dikutip dari Sciencealert hari ini, (Kamis(19/08/2021) berdasarkan  penjelasan yang disampaikan oleh Kim Budil, direktur Laboratorium Nasional Lawrence Livermore yang mengoperasikan Fasilitas Pengapian Nasional di California, tempat eksperimen berlangsung bulan ini mengatakan hasil ini merupakan kemajuan bersejarah untuk penelitian fusi kurungan inersia.

Beberapa ilmuwanmenganggap fusi nuklirsebagai energi potensial masa depan karena sedikit menghasilkan limbah dan tidak ada gas rumah kaca. Ini berbeda dari fisi, teknik yang saat ini digunakan di pembangkit listrik tenaga nuklir, di mana ikatan inti atom berat diputus untuk melepaskan energi.

Proses fusi dilakukan dengan   dua inti atom ringan diikat untuk membuatnya memiliki gaya. Dalam percobaan ini, para ilmuwan menggunakan dua isotop hidrogen hingga menghasilkan helium. Ini adalah proses yang bekerja di bintang-bintang, termasuk Matahari kita.

“Tim NIF telah melakukan pekerjaan yang luar biasa. Ini adalah kemajuan paling signifikan dalam fusi inersia sejak dimulai pada tahun 1972,” kata Profesor Steven Rose, co-direktur pusat penelitian di bidang ini di Imperial College London.

Dikutip dari Wikipedia, fusi nuklir (reaksi termonuklir) adalah sebuah reaksi di mana dua inti atom bergabung membentuk satu atau lebih inti atom yang lebih besar dan partikel subatom (neutron atau proton). Perbedaan dalam massa antara reaktan dan produk dimanifestasikan sebagai pelepasan energi dalam jumlah besar.

Perbedaan dalam massa ini muncul akibat perbedaan dalam energi ikatan inti atom antara sebelum dan setelah reaksi. Fusi nuklir adalah proses yang memberikan daya bagi bintang untuk bersinar. (iu)

7 KOMENTAR

  1. Banyak temuan dan para ilmuan yang ilmunya ingin dikenal dan saling sabitase sesama lembaga peneliti. Dongeng yang nyata seperti ini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini