Temukan Kedamaian di Pantai Londa Lima Yang Berpasir Putih Dengan Laut Tenang

12
188

Update.com| Keindahan alam Pulau Sumba telah banyak dikenal dan menjadi salah satu destinasi wisata wisatawan lokal maupun mancanegara. Pulau yang  dikelilingi laut dan samudra ini memberikan karakter dan keindahan pantai yang ada di Sumba tidak dimiliki oleh pantai lain.

Sala satu obyek wisata pantai di Sumba,  yang tidak seberapa jauh dari kota Waingapu. Pantai itu adalah  Pantai Londa Lima, tempat rekreasi yang ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun manca negara di Sumba Timur.

Pantai berpasir putih yang bersih dengan banyak pohon menjadikan pantai ini sebagai destinasi yang tepat dikunjungi bersama keluarga Anda. Pantai Londa Lima berada di Desa Kutta, 15 km barat laut Kota Waingapu, Nusa Tenggara Timur.

Menurut penjelasan masyarakat setempat, pantai  ini mulai dijadikan sebagai obyek wisata sejak tahun 2001 atas inisiatif kepala desa yang saat itu baru saja dilantik bersama dengan masyarakat sekitar.

Nama Londa Lima dalam Bahasa Sumba berarti bergandengan tangan atau beramai-ramai. Pantai Londa Lima juga sering disebut sebagai Pantai Kutta yang artinya “Sirih” karena terletak di Desa Kutta.

Dengan pasir putih dan laut yang tenang, pohon-pohon besar yang rindang di pinggir Pantai Londa Lima menjadikan pantai ini menjadi tempat favorit yang ramai dikunjungi saat musim liburan tiba. Warna air laut di pantai ini cukup unik karena pantainya landai lalu menukik tajam menjadi laut dalam diantara Sumba dan Flores.

Selain pemandangan pantai, ada juga pohon unik yang tumbuh di pantai ini. Pohonnya tidak berdaun, hanya berbunga merah menyala. Di Pantai Londa Lima ini, Anda bisa berjemur dan memancing, selain itu, Anda juga dapat membeli ikan segar hasil tangkapan para nelayan lokal di pantai tersebut.

Pantai Londa Lima juga merupakan tempat dilaksanakannya Hamayang atau Upacara adat Marapu. Untuk memasuki area tempat wisata Londa Lima, cukup dengan membayar Rp 5000/orang, dan anda bisa menikmati suasana pantainya yang eksotis.

Jaraknya yang tidak terlalu jauh dari pusat kota Waingapu, memungkinkan pengunjung menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum dari Kota Waingapu dengan waktu tempuh sekitar 20 menit saja.

Untuk bisa memasuki kawasan wisata ini Anda diharuskan untuk membeli tiket yang dibagi atas beberapa rincian yakni Rp 4000 untuk orang dewasa dan Rp 2000 untuk anak-anak. Selain itu,  akan membayar biaya tambahan untuk karcis masuk kendaraan baik roda dua atau roda empat sebesar Rp 2500 untuk tiap kendaraan.

Tarif masuk ini telah sesuai dengan Perda Kabupaten Sumba Timur Nomor 11 Tahun 2011 tentang retribusi jasa usaha. Pantai Londa Lima sendiri dibuka untuk umum selama 24 jam, jadi Anda dapat berkunjung ke pantai ini kapan saja. (iu)

12 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini