Terkait Roadmap Hidup Bersama Pandemi, Menkes Sampaikan Arahan Presiden Jokowi

11
164

 

Update.com| Budi Gunadi Sadikin,  Menteri Kesehatan (Menkes) RI menyampaikan soal  arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tentang kesiapan Indonesia hidup bersama pandemi Covid-19. Presiden Jokowi   mengatakan hal paling penting ialah penerapan protokol kesehatan (prokes).

“Ada beberapa arahan bapak presiden. Pertama agar kita bisa menyeimbangkan antara hidup yang sehat dan hidup yang bermanfaat secara ekonomi, yang paling penting adalah protokol kesehatannya harus diimplementasikan secara disiplin,” kata Budi, Senin (23/08/2021) kemarin seperti dikutip dari  kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Pada kesempatan itu Budi  menyampaikan keterangan pers Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Pandjaitan serta Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengenai aturan soal prokes telah dibuka bertahap di masing-masing kota.

Kemenkes juga sudah bekerja sama dengan sejumlah asosiasi dan perkumpulan untuk menyusun penerapan prokes berbasis teknologi informasi. Kata Budi, aplikasi PeduliLindungi akan dipakai secara nasional untuk menjaga implementasi protokol kesehatan berbasis teknologi informasi.

“Jadi protokol kesehatan di sektor perdagangan baik itu modern atau tradisional; protokol kesehatan di sektor transportasi darat, laut, dan udara; protokol kesehatan di sektor kerja baik itu industri, maupun juga perkantoran,” tutur Budi.

Prokes juga akan diatur untuk sektor pariwisata, seperti pertandingan sepakbola, konser musik, hingga kuliner. Selain itu, prokes di bidang pendidikan dasar hingga tinggi juga akan diatur.

“Nanti itu akan disusun protokol kesehatannya, atas arahan Bapak Presiden berbasis teknologi informasi berpusat pada aplikasi PeduliLindungi, sehingga kita bisa membangun hidup bersama epidemi, dengan menyeimbangkan sisi kesehatan dengan sisi aktivitas ekonominya,” ungkapnya.

Budi mengatakan arahan Jokowi yang  kedua ialah terkait pengetesan (testing) dan pelacakan (tracing). Dia mengatakan Jokowi meminta testing dan tracing tidak sekadar dilakukan secara massal.

“Yaitu testing yang dilakukan ke suspek dan kontak erat yang memang bergejala, bukan semua orang dites karena ingin melakukan aktivitas tertentu,” ucapnya.

Arahan ketiga Jokowi, kata Budi, ialah strategi perawatan atau terapeutik. Sehingga bisa menekan angka kematian dan mempercepat penyembuhan.

“Bapak Presiden memberi arahan secara spesifik bahwa nantinya harus ada perawatan untuk perawatan primer, isolasi-isolasi dengan pengobatan-pengobatan dasar,” ucapnya.

Dia mengatakan, dengan strategi perawatan yang benar, nantinya rumah sakit (RS) hanya diisi kasus-kasus kritis dan berat. Selain itu, nantinya bagi pasien gejala ringan akan ditangani puskesmas maupun klinik.

“Ke depannya kita tak hanya bicara strategi tapi strategi untuk hidup bersama epidemi seperti arahan Bapak Presiden. Itu akan dilakukan di bidang prokes, bidang testing dan tracing, serta di bidang perawatan atau terapeutik,” Kata Menkes. (iu)

11 KOMENTAR

  1. Sampai kapan situasi ini, berikan kepastia yang pasti untuk rakyat bukan di perjang2 terus ppkm ini. Semoga cepat berlalu covid ini.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini