Kantongi Bukti Kuat Kasus Dugaan Penistaan Agama Muhammad Kece Naik Status Ke Penyidikan

14
163

 

Update.com| Terkait Kasus  dugaan penistaan agama yang dilakukan oleh seorang YouTuber yang bernama Muhammad Kece, Polti sebut telah naik  ke tahap penyidikan. Polri menaikan status perkara  karena penyidik telah mengantongi cukup bukti.

Dari penjelasan yang disampikan oleh Kombes Ahmad Ramadhan, Kabag Penum Divisi Humas Polri, hari ini, Selasa (24/08/2021) mengatakan Penyidik telah menemukan bukti awal yang cukup, sehingga penyidik meningkatkan kasus ini dari penyelidikan ke penyidikan.

Selain itu, Ramadhan menyebut polisi telah memeriksa pelapor Muhammad Kece. Sejumlah saksi ahli juga dimintai keterangan, mulai saksi ahli bahasa Indonesia hingga saksi ahli hukum agama. Penyidik telah melakukan pemeriksaan terhadap pelapor, juga melakukan pemeriksaan terhadap saksi-saksi ahli, di antaranya ahli IT, ahli bahasa Indonesia, dan ahli hukum agama.

Lebih lanjut Ramadhan mengemukakan bahwa beberapa barang bukti seperti mengamankan screenshot ataupun video yang beredar. Sementara itu, Ramadhan mengungkapkan belum ada penetapan tersangka dalam kasus dugaan penistaan agama ini. Saat ini, Muhammad Kece masih berstatus terlapor.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Pol Rusdi Hartono sebelumnya memastikan penyidik akan menuntaskan kasus ini secara profesional. Karena itu ia mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak melakukan tindakan yang kontra produktif.

Polri telah menerima empat laporan kasus penistaan agama yang diduga dilakukan Muhammad Kece. Dari empat laporan, salah satunya diterima Bareskrim Polri.

Komjen Pol Agus Andrianto,  Kabareskrim Polri juga  mengatakan tiga laporan lainnya diterima oleh jajaran kepolisian daerah. Seluruh laporan tersebut akan digabungkan dan ditangani langsung oleh Bareskrim Polri. (iu)

14 KOMENTAR

    • Saatnya indonesia di uji demokrasinya dan hukumnya yang berkeadilan. Bertumpuk-tumpuk berkas yang dijadikan aturan hukum bertumpuk2 juga celahnya di buat dengan emosi dilakukan dengan amoral mau jadi apa hukum bangsa ini. Semoga bangsa ini umur panjang. Amin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini